Monday 30 January 2017

PUNCAK SENDAREN



PUNCAK SENDAREN
Setiap harinya, puluhan orang hilir mudik naik turun ke puncak bukit baik sekedar untuk berfoto-foto maupun untuk menghilangkan penat. Mereka terpesona dengan keindahan alam yang terlihat dari jembatan selfi atau jembatan atas awan di puncak Sendaren, Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dari arah Purbalingga bisa menuju ke Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol terlebih dahulu. Kemudian baru melanjutkan perjalanan ke Dukuh Karang Gedang, Desa Panusupan. Sesampainya di pos utama, perjalanan menuju jembatan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan tanah di sekitar ladang warga setempat. Ada tiga pos yang harus dilalui oleh para pengunjung untuk sampai ke puncak. Dengan medan yang tidak terlalu terjal akan memudahkan bagi para pendaki pemula.
Selama perjalanan, pengunjung akan ditemani pemandangan yang lumayan menghilangkan lelah. Deretan perbukitan yang menghijau, semilir angin dan langit biru cerah berpadu dengan Gunung Slamet dikejauhan membentuk lukisan alam yang menyejukan hati. Sebaiknya kalau mau kesini menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman buat jalan-jalan dibatuan atau alam terbuka, terus mending pagi atau sore hari jadi tidak terlalu panas.
Setelah satu jam perjalanan melewati jalanan setapak dengan semak belukar di kanan kirinya, para pengunjung akan sampai di puncak Sendaren yang terkenal dengan Jembatan atas awannya ini.
oemah susuh

Jembatan dengan panjang 10 meter yang berada diatas bukit dengan ketinggian 682Mdpl ini tidak seperti jembatan pada umumnya. Jembatan ini sengaja dibuat untuk memanjakan pengunjung yang berkunjung ke puncak Sendaren. Dari atas jembatan, pengunjung bisa melihat Kecamatan Rembang, Kecamatan Karangmoncol serta daerah lainnya dari ketinggian. Di puncak sendaren juga terdapat umah susuh yang artinya tempat yang menyerupai tempat burung.

Untuk harga tiket pengunjung dikenai sebesar 5000 rupiah perorang dan palkir 2000 rupiah. Tiket masuk yang murah, pemandangan yang indah, serta lokasi yang mudah dijangkau menjadikan tempat ini menjadi salah satu desinasi wisata favorit anak muda akhir-akhir ini. Tak hanya warga lokal, warga dari luar daerahpun berbondong-bondong berkunjung.