Friday 28 August 2015

WISATA AGRO SERANGGOLA DAN TAMAN STRAWBERY


WISATA AGRO SERANGGOLA DAN TAMAN STRAWBERY
Jika anda datang ke Purbalingga kunjungilah Kecamatan Karangreja dan nikmati kesegaran udara sejuk dan pemandangan alami di kaki Gunung Slamet. Anda dapat menikmati pemandangan dari bukit-bukit di sekitar Goa Lawa sampai dengan Agrowisata Serang. Di tempat wisata yang satu ini anda bisa melihat perkebunan sayuran dan strawbery milik masyarakat setempat yang alami dan tradisional. Tempat wisata ini terletak di Pratin, desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Sekitar 1 jam dari purwokerto. Rute ke daerah ini tidak sulit, walaupun letak tempat wisatanya berada di kaki gunung, karena jalannya sudah halus.

Bagi anda yang datang dari luar purbalingga pasti tidak menyangka kalau di purbalingga terdapat Wana wisata Agro Kebun Strawberry akan membuat mata anda jadi merah segar setelah memasuki kawasan kebun yang dipenuhi dengan buah-buah strawberry matang berwarna merah segar dan memiliki rasa yang menyegarkaan.
Selain itu di kebun sayur dan strawbery ini anda dapat memetik sendiri dan makan sembari menikmati pemandangan alam pegunungan dengan suasana pedesaan yang indah dan sejuk sehingga membuai anda bak masuk dalam suasana damai yang senantiasa disajikan di dalam sebuah Film. Wana wisata ini merupakan wana wisata di Purbalingga yang paling digemari oleh remaja maupun oleh sekelompok keluarga yang ingin jalan-jalan dan menghabiskan waktu berlibur.
Buah stroberi mempunyai rasa yang unik, agak masam dan ada juga rasa manisnya. Buah ini juga banyak digunakan untuk membuat selai sebagai olesan roti. Tetapi, stroberi juga sering dibuat sebagai perasa yang banyak kita jumpai untuk beberapa produk makanan. Nah, kalau anda termasuk penggemar buah stroberi, di Purbalingga ada sebuah tempat Argowisata Stroberi.
Kebun stroberinya juga lumayan luas sehingga dapat membuat kawasan ini terlihat begitu menyejukan mata. Ditambah lagi dengan kondisi udaranya yang sejuk dan segar karena berada di bawah lereng Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut. Hamparan tanaman stoberi yang hijau dengan titik-titik merah stroberi makin memanjakan para pengunjung yang ingin mencicipi buah mungil langsung dari kebun.
Argowista Stroberi ini terletak di Desa Serang Kecamatan Tlagareja Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 25 km ke arah utara dari kota Purbalingga. Anda dapat mengambil jalur ke Purbalingga dengan melewati Kecamatan Mrebet untuk bisa sampai ke Serang atau Kutabawa sebagai ibukota Kecamatan Tlagareja. Selain itu, anda juga dapat melewati jalan ke arah Gua Lawa karena tempatnya yang berada di atas gua ini. Jadi, kalau anda berkendara dari arah Purbalingga atau Pemalang, anda dapat melewati Bobotsari. Hanya saja, kalau anda dari arah Purbalingga, sangat disarankan untuk mengambil jalur yang lebih mudah yaitu saat melewati pertigaan Serayu, atau sebelum sampai di Bobotsari, anda dapat mengambil arah ke kiri sehingga dapat langsung menuju ke lokasi.
Karena tempatnya yang berkelok-kelok, anda pun harus berhati-hati. Tetapi, bonus utamanya tentu saja pemandangan ala pedesaan yang dapat menyegarkan mata anda selama dalam perjalanan. Anda juga akan melewati hutan pinus yang ditata dengan begitu rapi. Nah, kalau anda tertarik, anda juga dapat berhenti sambil menikmati sejenak rindangnya hutan pinus sambil mengabadikannya di kamera anda. Setelah selesai, anda masih harus menuntaskan perjalanan 3 km lagi agar dapat sampai ke Argowisata Stroberi. Dan disaat anda pertama kali menjejakan kaki di kawasan perkebunan, pemandangan asri akan langsung menghampiri anda. Rasanya sangat segar sekali. Tempat ini dikelola secara mandiri oleh kelompok tani di Serang Kecamatan Tlagareja. Dan untuk mengenalkan proses penanaman buah stroberi, para pemuda juga ikut dilibatkan sehingga tiap komponen masyarakat yang tinggal di sana seolah memiliki perkebunan stroberi. Hanya dengan membayar uang Rp 15.000 per orang, anda akan dapat dengan bebas untuk makan buah stroberi langsung dari kebun. Selain itu, anda juga dapat membawanya pulang tetapi buah strawberry yang akan di bawa pulang ditimbang dahulu kemudian dibayar.
Bukan hanya tawaran untuk memanen buah stroberi sendiri, para pengunjung juga dapat berkeliling dengan menaiki kuda yang disewakan oleh para penduduk. Jumlahnya hanya beberapa ekor dan untuk bisa menaikinya anda akan dikenai biaya Rp 15.000 per orang. Anda pun akan bisa berkeliling kebun dari atas kuda dengan ditemani oleh para pemiliknya.
Konsep wisata keluarga memang telah dirancang dengan apik oleh pengelola sehingga tiap pengunjung dapat menikmati indahnya pesona perkebunan buah stroberi secara langsung dengan udara yang masih segar bersama keluarga. Kehidupan masyarakat tradisional yang ada di sini sendiri melakukan cocok tanam berupa sayur-sayuran seperti tomat, kol, kobis, wortel dan bawang. Dapatkan paket-paket wisata di Seranggola Agro & Ekowisata berupa Paket Petik Strawbery, Paket Tracking Tour ”Aku Cinta Lingkungan”, Paket ”Aku Petani Hebat”, Paket Outbound (Fun Games), Paket Fun Games And Tracking Tour, Paket Semalam Di Kampung Sayur, Paket ”Kita Bersahabat”, Paket Tracking Tour dan Paket Meeting.
Kini terdapat juga warung lesehan yang memang sengaja dibangun untuk memanjakan lidah anda dengan menyediakan berbagai macam menu tradisional khas Purbalingga, misalnya tempe mendoan dan kopi hangat. Produk lain dari buah stroberi berupa dodol dan jus segar juga tersedia disana. Dengan hasil panen mencapai lebih dari 1 ton per hari membuat Argowisata Stroberi menjadi tempat paling menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. untuk menarik minat masyarakat luas untuk berkunjung ke tempat ini, pengelola Argowisata Stroberi kini makin giat melakukan promosi dengan menyediakan homestay yang diperkirakan mencapai 40 tempat. Pelayanan yang dipersiapkan juga cukup menarik. Anda akan dapat melakukan banyak hal sambil menikmati berbagai macam petualangan dan juga mencicipi kuliner khas dari Kabupaten Purbalingga.
Kalau anda ingin membawa oleh-oleh strawberry anda dapat merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja untuk bisa membawa pulang satu kemasan buah stroberi segar untuk orang-orang di rumah. Atau, kalau anda suka dodol stoberi, anda juga dapat membelinya langsung dengan harga yang cukup terjangkau.
Keberadaan Argowisata Stroberi ini juga makin meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Dan hasilnya, mereka tidak kesulitan lagi untuk memasarkan buah stroberi sebagai buah-buahan khas dari Kabupaten Purbalingga.