Saturday 8 August 2015

PANTAI WIDARAPAYUNG


PANTAI WIDARAPAYUNG
Pantai Widarapayung adalah objek wisata pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten CilacapJawa TengahIndonesia. Lokasinya sekitar 35 km ke arah timur dari Cilacap. Akses menuju ke Pantai Widarapayung juga cukup mudah karena bisa dilalui oleh alat transportasi umum dan kendaraan pribadi. Anda dapat menggunakan bus dengan trayek Cilacap-Gombong atau kalau dengan kendaraan pribadi, anda dapat melewaji jalan lintas selatan. Bila anda berkendara dari arah timur, anda dapat melewati perbatasan Kabupaten Kebumen (Pantai Ayah) dan Kabupaten Cilacap (Pantai Jetis) dengan cara menyeberangi jembatan Kali Bodo. Anda dapat terus berkendara ke arah barat menuju ke lokasi pantai yang berada di sebelah kiri jalan. Dan kalau anda berkendara dari arah sebelah barat, dari kota Cilacap anda dapat melewati Adipala dan terus menuju ke arah timur ke Kecamatan Binangun. Anda bisa langsung sampai ke lokasi Pantai Widarapayung yang berada di kanan jalan. Pantai Widarapayung, selain menawarkan panorama yang indah juga sangat baik untuk bermain selancar.


Wilayah pantai Widarapayung memang tidaklah terlalu luas, namun kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa, sehingga membuat pantaisejuk. Banyak pepohonan hijau pada bibir pantainya. Fasilitas yang ada cukup memadai seperti MCK, tempat parkir, restoran, kolam renang, tempat pemandian dan sebagainya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000,00 per orang kita bisa menikmati keindahan alam bumi cilacap timur ini. Biasanya pantai ini ramai pengunjung pada saat hari Minggu atau libur nasional. Pada bulan puasa sendiri pantai ini sangat ramai pengunjung, apalagi pada saat libur lebaran pengunjung bisa dipastikan membludak.


Biarpun kawasan pantai widarapayung ini tidak terlalu luas, tetapi karena Pantai Widarapayung tergolong pantai yang landai, maka siapapun dapat bermain-main dengan air sampai puas. Bibir pantai dipenuhi pepohonan yang bisa membuat suasana di sekitar pantai terasa begitu sejuk dan nyaman karena pengunjung dapat berteduh sambil menikmati deburan ombak yang datang silih berganti.
Selain itu, Pantai Widarapayung juga dipilih oleh para wisatawan lokal dari Kabupaten Cilacap dan sekitarnya karena fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Misalnya, akses jalan yang lebih mudah dan mulus pasca tsunami Pengandaran, MCK, tempat makan, gardu pandang untuk memberikan keleluasaan bagi para pengunjung untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian, kolam renang yang lumayan besar, tempat pemandian, tempat parkir yang luas serta fasilitas lain yang sayang untuk disia-siakan ketika anda berkunjug ke Pantai Widarapayung. Pengunjung yang berwisata ke pantai ini akan mencapai puncaknya disaat lebaran. Tetapi, tempat ini pun tetap ramai dijejali oleh wisatawan disaat akhir pekan dan liburan.


Di pantai widarapayung anda dapat berhubungan langsung dengan ombak laut. Jadi, kalau anda ingin belajar berselancar, atau ingin mengasah keterampilan anda dalam menaklukan ombak di pantai ini, maka anda dapat mencobanya. Ada tempat penyewaan papan selancar disini. Selain itu, anda juga dapat melakukan tour dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh para nelayan untuk dapat melihat secara langsung pulau Nusakambangan yang digunakan sebagai penjara untuk para tahanan kelas kakap. Selain itu disini juga terdapat makanan khas berupa peyek yutuk. Yutuk sendiri adalah kepiting laut yang kalau diolah menjadi rempeyek dan dimakan bersama pecel, rasanya langsung melejit menjadi sangat nikmat. Ada sensasi rasa pedas, bumbu kacang, serta renyahnya peyek yutuk. Kalaupun anda ingin mencoba makan seafood dengan bumbu tradisional khas masyarakat lokal, anda juga dapat mencicipi diwarung makan yang tersebar di sekitar pantai.
Konon kalau anda datang disaat bulan Sura, mungkin anda akan berkesempatan untuk menyaksikan ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat berupa sedekah laut. Mereka melakukan tradisi ini sebagai bentuk ungkapan rasa terimakasih atas limpahan rejeki berupa ikan-ikan yang dihasilkan dari laut. Tradisi ini dilakukan dengan melarung sesaji yang diiringi dengan berbagai kesenian daerah setempat dan juga pakaian adat yang dikenakan oleh mereka yang berpartisipasi dalam tradisi sedekah laut.


Anda juga masih bisa menyaksikan putra-putri anda berkeliling dengan kuda, menyaksikan riuhnya permainan voli pantai, atau pun anak muda yang begitu bersemangat bermain motocross. Sedangkan bonus lain yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Widarapayung tentu saja panoramanya yang sangat indah dan menawan. Deburan ombaknya akan membasahi tepian pantai, dan anda pun bisa bebas bermain-main dengan air. Namun sangat disayangkan pantai ini kotor dan terkesan seperti pasar malam, seandainya pantai ini lebih dirawat lagi pasti akan lebih banyak pengunjungnya.
Lazada Indonesia