Friday 28 August 2015

OWABONG


OWABONG
Siapa yang tidak kenal dengan wana wisata air yang sudah terkenal di Purbalingga, obyek wisata air Bojongsari. Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Sekitar 40 menit dari pusat kota purwokerto atau 45 menit dari rumahku.
Owabong dulunya adalah sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004 dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005. Wana wisata ini menggunakan air yang terus mengalir karena didukung oleh sumber mata air pegunungan dari tuk Cidandang, Cipawon, dan Cikupel.
Tempat pariwisata yang satu ini jangan diragukan lagi. Owabong menjadi tujuan wisata terbesar di Jawa Tengah loh. Kesegaran airnya yang bersih dan jernih menjadi keunggulan tersendiri. Tidak heran tempat pariwisata yang satu ini menjadi tujuan wisata turis asing. Saya sudah membuktikan sendiri, sudah beberapa kali ke owabong melihat para turis asing, baik dari timur tengah, eropa atau dari tempat lainnya di luar negeri.
Dengan tiket masuk yang kurang dari Rp.30.000,- anda bisa menikmati wahana WaterBoom, Pantai Bebas Tsunami, Kolam Olympic, Kolam Awal (WaterBoom), Flying Fox, Kolam sesat, Pantai Bebas Tsunami, Kolam Pesta Air, Kolam Akhir, Kanal Arus, Ember Tumpah, Terapi Ikan Terbesar di Indonesia, Arena Gokart, Paint Ball, Bioskop Patang Dhelengan, Andrawina Ballroom, Owabong Cottage sampai dengan Ember Tumpah. Selain wisata air, disediakan pula wahana seru lainnya seperti Gokart dan Teraphy Ikan. Fasilitas untuk tempat istirahat yang disediakan juga ada, yaitu Bale Bengong Rest Area, Pallanta Rest Area, dan Pondok Pesisir Rest Area. Bagi anda yang mau ke owabong dengan menggunakan bus besar jangan khawatir, karena di owabong tersedia tempat parkir yang sangat luas. Diantara wahana tersebut ada yang harus membayar kembali ketika anda ingin menikmati asyiknya wahana tersebut.
Kebanyakan wahana yang ada disana tentu saja bertemakan air. Air yang digunakan di lokasi wisata ini terkenal segar dan dingin karena diambil langsung dari mata air pegunungan. Areal yang dibangun untuk tempat pariwisata ini juga tergolong luas sehingga membuat para pengunjung dapat dengan bebas untuk berenang di wahana yang disediakan oleh Owabong. Dan waterboom dengan tinggi mencapai 13 meter pun menjadi tempat favorit para wisatawan. Jadi, kalau anda ingin menantang adrenalin, anda juga dapat mencoba wahana ini walaupun permainannya sangat menegangkan. Kalau anda punya masalah dengan jantung, lebih baik hindari wahana waterboon dan pilihlah wahana lainnya.
Ada juga wahana ember tumpah yang banyak dinanti oleh para pengunjung. Setelah tumpah, dalam beberapa menit kemudian, anda akan bisa merasakan sensasi air yang segar dan dingin dari embar besar yang memang sengaja dipasang diatas. Airnya yang jatuh ke bawah pun menyebar kemana-mana dan membuat para penikmatnya kegirangan saat air itu muncrat ke tubuh mereka. Lain lagi kalau hobi anda berenang.
Owabong juga mempersiapkan kolam olympic atau kolam renang dengan standar internasional dengan ukuran 50 meter x 21 meter yang dilengkapi dengan 8 lintasan. Kedalaman airnya bisa mencapai 120 cm - 225 cm. Jadi, anda pun dapat memuaskan hobi renang anda saat berada di Owabong. Hilir mudik dari satu lintasan ke lintasan lain dapat dilakukan hingga tubuh terasa lebih rileks.
Wahana lain yang ditawarkan oleh Owabong kepada anda adalah pantai bebas tsunami. Disini, anda dapat menikmati suasana mirip dengan pantai dengan pasir-pasir lembutnya. Disana juga dilengkapi dengan perahu kecil dan tentu saja wahana ini bebas dari tsunami. Jadi, anda dapat bersantai sambil mengawasi putra-putri anda yang sedang bermain-main dengan air. Wahana lain yang patut anda coba bersama keluarga saat berkunjung ke Owabong tentu saja tidak hanya itu.
Masih ada lagi permainan lain yang disediakan oleh pengelola Owabong. Misalnya, wahana melawan arus. Wahana ini mempunyai kanal arus yang panjangnya mencapai 200 meter. Di tempat ini, anda dapat menyewa pelampung, banana boat, dan kayak. Pengalaman anda di Owabong akan semakin lengkap ketika anda mencoba wahana melawan arus ini.
Tempat wisata Owabong yang ada di Kabupaten Purbalingga ini juga menyediakan wahana kolam pesta air yang dapat digunakan oleh anda dan putra-putri anda. Disini, anda akan dapat mengajari mereka untuk berenang dan bermain air bersama. Suasananya pasti sangat mengasyikan karena semua dapat berbasah-basahan.
Dan untuk melengkapi sensasi bermain-main di objek wisata Owabong, anda juga dapat mencoba flying fox. Disana, dapat mencoba terbang menggunakan tali. Ada juga teater tiga dimensi, kolam air hangat, dan juga arena gokart yang dapat dicoba untuk anda dan putra-putri anda. Semua fasilitas wahana permainan itu hanya dapat anda nikmati saat berkunjung ke Owabong.
Air yang digunakan untuk mengisi kolam adalah air dari pegunungan yang dipertahankan dan segar. Air begitu jelas dan sehat untuk berenang. Daerah yang luas dengan berbagai permainan di kolam renang masing-masing akan membuat tamu merasa senang dan bebas. Selain kolam renang dan air game, di Owabong juga berisi berbagai hewan langka di pameran di setiap sisi jalan. Hewan cukup terawat dengan baik dan jinak, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dan foto dengan binatang. Setiap periode ada kompetisi dan pertunjukan, aksi panggung. Untuk setiap peristiwa dapat ditonton oleh pengunjung secara gratis. Acara peringatan Beberapa biasanya diadakan hari-hari besar yang diadakan badan-badan regional atau lokal. Taman yang luas membuat pengunjung lebih nyaman liburan, cocok untuk rekreasi dengan keluarga dan untuk merayakan peristiwa penting dalam kegiatan ini.
Bagi anda yang mau ke owabong tapi tidak membawa bekal jangan khawatir, karena di owabong menyediakan tempat makan, berbagai pusat jajanan dan oleh-oleh khas purbalingga bahkan ada penginapan yang akan menjadi tempat penginapan anda yang kemalaman atau sengaja mau bermalam disini. Selain itu di dekat owabong terdapat rumah makan yang menyediakan makanan khas Purbalingga.
Tempat rekreasi ini pernah mendapatkan penghargaan pengunjung wisata terbanyak dari Gubernur Jateng pada Visit Jawa Tengah 2013, serta peringkat satu untuk kategori wahana air (water park) dan tematik (theme park) dalam penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014, yang diselenggarakan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf.