Saturday 8 August 2015

CURUG NANGGA


keindahan curug nangga dari kejauhan
CURUG NANGGA
Curug Nangga merupakan air terjun tujuh tingkat yang sangat indah yang berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas Jawa Tengah. Konon desa tempat curug nangga dikenal dengan nama Desa Atas Angin ini dulunya sepi pengunjung. Tapi kini, hampir setiap hari banyak warga dari dalam maupun luar kota yang datang menyempatkan diri untuk melihat eksotisnya curug nangga yang mempunyai 7 tingkat air terjun.
Lokasi curugnya berada dipedesaan yang terpencil dengan hamparan sawah terasering yang tertata rapih menyuguhkan pemandangan indah yang tak kalah menarik seperti yang ada di Tabanan, Bali. Inilah yang membuat Curug Nangga jarang dijamah banyak orang. Namun sejak ramai penduduk membicarakan tentang keindahan curug yang mempunyai 7 tingkat air terjun di media sosial. Kini Curug Nangga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya setelah banyak warga yang berdatangan untuk melihat keindahan curug tersebut.


Pada saat saya kesana jalanan akses menuju curug nangga sedang dibangun. Curug Nangga ini dialiri Kali Arus dan mempunyai total ketinggian sekitar 200 meter. Dengan setiap undak-undakan air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 20 hingga 30 meter lebih. Ketujuh air terjun itupun mempunyai nama sendiri-sendiri. Yang paling atas bernama Curug Nangga lalu yang kedua Curug Cikidang, Curug Gomblang, Curug Pewinian, Curug Bantar Pewinian, Curug Lunjar, dan yang terakhir ini curug Benda.
Konon setelah ramai diperbincangkan di media sosial oleh para pengunjung, dalam akhir-akhir ini tingkat kunjungan ke Curug Nangga hampir menembus angka 3.000 pengunjung pada hari libur dan 400 pengunjung pada hari-hari biasa. Itupun dengan akses jalan yang masih benar-benar ditata oleh warga desa.
Untuk dapat menikmati keindahan alam curug nangga, pertama saat memasuki area parkir, wisatawan cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir motor. Selanjutnya para wisatawan kembali membayar Rp 3.000 untuk mendapatkan tiket saat memasuki lokasi. Senyum ramah warga Desa Petahunan pun tak akan lepas selama perjalanan menuju ke lokasi curug. Dari area parkir yang sudah disediakan warga setempat, kemudian menyusuri jalur menuju Curug Nangga dengan berjalan kaki. Jalur yang dilalui seperti menuruni sebuah bukit yang menurut warga jaraknya mencapai sekitar 1 km untuk mencapai curug. Pemandangannya pun sangat menakjubkan. Saat anda mencapai curug, anda dapat menaiki satu persatu curug melalui jalan disebelah curug, tetapi anda haruslah berhati-hati, karena jalannya sangat curam dan licin.