Friday 28 August 2015

SANGGALURI PARK


SANGGALURI PARK
Purbalingga bukan hanya berisi wisata alam dan wahana keluarga, buat kamu yang gemar berwisata ke museum, kabupaten ini mempunyai beberapa museum yang unik dan menarik yang dibangun secara terpadu di Taman Sanggaluri yang dikelola oleh manajemen Owabong.

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Sanggaluri Park sendiri merupakan singkatan dari Sanggar Luru Ilmu, artinya taman untuk menuntut ilmu. Bahkan, Sanggaluri Park ini diharapkan dapat menjadi pusat berbagai penelitian dan edukasi bagi masyarakat.
Museum Uang Purbalingga dibangun dengan maksud untuk mengumpulkan, menyimpan, dan merawat benda dan dokumen bersejarah dalam bidang perbankan, berupa mata uang dan alat-alat pembayaran lainnya yang pernah beredar di Indonesia dan negara-negara di dunia. Sehingga mempunyai nilai penting bagi para pengunjung museum. Museum Uang Purbalingga ini dibuka pada tanggal 18 Desember 2008. Uang yang dipamerkan disana pun cukup terawat dengan baik.
Selain dapat menuntut ilmu, di tempat wisata ini pengunjung juga dapat melihat-lihat reptil dan berbagai spesies serangga, menikmati sensasi menjadi raja/ratu ular juga dengan berinteraksi langsung dengan ular yang ada di dalam tempat yang disebut dengan kampung ular. Di sanggaluri park juga terdapat Museum Oeang yang menampilkan berbagai jenis uang dari nasional dan internasional. Selain itu, di sanggaluri park juga terdapat wahana lain berupa Rumah Prestasi, Rumah Boneka Lintang, Museum Artefak dan Wayang.
1.      Museum Uang Purbalingga.
Orang yang mata duitan pasti senang banget berkunjung ke museum ini. Museum Uang Purbalingga mengoleksi berbagai jenis mata uang kuno yang dipajang rapi di dalam ruangan dari 184 negara di dunia. Bahkan terdapat mata uang dari zaman kerajaan Majapahit, tidak heran kalau museum ini disebut sebagai museum uang terlengkap se-Indonesia. Di museum ini anda dapat menymbangkan uang koleksi anda untuk di pajang di dalamnya.
2.      Museum Reptil dan Museum Serangga.
Di Taman Sanggaluri juga terdapat Museum Reptil dan Museum Serangga yang bakal memuaskan rasa ingin tahumu terhadap makhluk-makhluk dari dua kelas ini. Museum Reptil mirip seperti kebun binatang mini, dengan aneka reptil hidup yang dipajang dalam akuarium kaca. Sementara itu, Museum Serangga berisi awetan serangga dari berbagai daerah di dunia.
3.      Museum Wayang dan Artefak.
Di Museum Wayang dan Artefak, berbagai jenis wayang dipajang di dalam sejumlah boks kaca. Ada wayang golek, wayang kulit yang lengkap dengan instrumen gamelannya, wayang revolusi, bahkan wayang dari negeri Tiongkok juga dikoleksi. Selain wayang, ada juga sejumlah artefak bersejarah berupa aneka jenis logam dan fosil.
4.      Museum prestasi
Di depan Museum Prestasi ini ada tugu Harimau dan juga seekor burung Kakaktua yang pandai bicara. Dinamakan museum prestasi mungkin karena di dalamnya terdapat penghargaan dan prestasi-prestasi yang diperoleh kabupaten Purbalingga maupun duta-dutanya. Selain itu, tempat ini juga menyajikan beragam alat-alat sains sederhana. Rata-rata merupakan alat-alat yang menerapkan ilmu fisika dan matematika. Jika masuk tempat ini maka langsung mengingatkan pada laboratorium Fisika Dasar di SMP. Salah satunya adalah sepasang parabola berbisik, saat yang satu dibisiki suara maka pasangannya akan memantulkan suara yang dapat didengar oleh pengunjung yang mendekatkan telinganya di lingkaran kecil. Terdapat berbagai macam katrol. Ada katrol tunggal, katrol bebas dan katrol ganda (pelajaran SD). Selain itu juga terdapat bandul-bandul yang menerapkan prinsip resonansi. Jika salah satu bantul diayun, maka lama kelamaan bandul lain juga ikut berayun. Terdapat juga replika Perahu Pinisi.
5.      Taman batu
Jangan dibayangkan kalau Taman Batu ini terdiri dari batu-batu berbagai jenis seperti pelajaran SMP. Taman Batu ini berfungsi sebagai tempat duduk-duduk dan piknik keluarga yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Jika anda bermain atau beristirahat di taman batu maka berhati-hatilah, karena ada air yang tiba-tiba memuncratkan ke atas jika kita melewati salah satu dari batu-batu yang tertata rapi disana. Di sini cukup sejuk karena ada beberapa pohon yang menaungi. Dari Taman Batu ini, bisa dilihat sekeliling Sanggaluri Park berupa sawah (bagi yang jarang lihat) dan kebun buah. Di area tengah yang bisa dilihat dari Taman Batu ini terdapat beberapa wahana bermain anak. Berurutan dari selatan ada Stasiun Mini, Rumah Balon, Trampolin Raksasa dan Bukit Teletubbies. Pasti akan sangat menyenangkan membawa keponakan-keponakan kecil untuk berkunjung ke mari.
Selain itu, terdapat juga mushola yang bebas dimanfaatkan oleh pengunjung. Taman Buah yang  Terdapat deretan pohon-pohon buah naga. Di saat panen, sepertinya pengunjung boleh ikut memetik buahnya. Taman Buah ini lumayan luas dan tertata. Jadi, aman membawa keponakan-keponakan kecil ikut ke taman buah ini. Sesuai konsepnya  sebagai taman bermain keluarga, disediakan pula playground untuk anak-anak tepat di samping kantin. Jadi, bisa bermain sambil makan dan melepas lelah sebelum pulang. Harga makanan di sini cukup terjangkau. Jangan kuatir, makanan di kantin ini sehat. Ada juga stand souvenir di sini. Dan juga benches untuk duduk santai sambil ngobrol yang tersebar di sekeliling area ini.