Saturday 8 August 2015

CURUG BAYAN

curug bayan

CURUG BAYAN
Curug Bayan berada tak jauh dari objek wisata Baturaden, tepatnya di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. Kurang lebih 3 km dari obyek wisata baturaden. Curug Bayan memiliki ketinggian terjunan air sekitar 7 m dengan luas areal kolam di bawahnya sekitar 200-300 m persegi yang berkedalaman 2-5 m. Kolam ini sering digunakan pengunjung untuk mandi dan berenang.

bebatuan di curug bayan

Pesona Curug Bayan sangat menakjubkan, dengan air yang bersih dan pemandangan alam yang indah, terdapat juga batu-batuan yang sangat besar disekitar curug. Di kawasan curug ini terdapat sebuah villa dengan nama Wisma Curug Bayan yang berdiri di atas Sungai Banjaran. Entah mengapa pengunjung sering mengira bahwa curug bayan ini adalah curug gede.
Jika anda mau ke curug bayan sebaiknya tau dulu jalan menuju obyek wisata baturaden, karena curug bayan berjarak sekitar 3 km sebelah barat dari obyek wisata Baturaden. Tetapi sebelum sampai obyek wisata baturaden anda harus belok kiri terlebih dahulu (jika arahnya dari purwokerto) diperempatan dekat terminal baturaden. Pada saat saya kesana tersasat dan pada akhirnya ketemu juga curugnya. Bila berkunjung kesana sebaiknya membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum menuju lokasi.
Jalur alternatif juga ada dengan melalui Kedung Banteng, dimana dari arah Tegal- Bumiayu juga dari jalur Selatan melalui Ajibarang, sebelum masuk Kota Purwokerto di pertigaan Pasar Karang Lewas belok kekiri lurus terus mengikuti jalan utama, sampai di Kedung Banteng selanjutnya Batu Raden. Kondisi jalan ini cukup baik hanya sangat sempit terlebih bila ada dua mobil berpapasan.

Letak Curug Bayan dekat dengan Dam Jepang, dimana dam ini akan dijumpai setibanya di Baturaden. Hanya seratus meteran di hulu sungai yang mengalir ke dam tersebut, keberadaan Curug Bayan itu berada.
Sebelum memasuki lokasi curug nanti ada pos tempat pembayaran karcis masuk dan parkir seharga 3 ribu rupiah. Bagi yang bisa berenang, Curug Bayan paling seru buat berenang, disediakan juga penyewaan ban buat meluncur.
Di curug bayan terdapat area parkir, kamar mandi, penyewaan ban, dan warung makan. Ada warung mendoan, disini kita bisa menikmati kehangatan makanan khas Purwokerto yaitu tempe mendoan. Fasilitas parkir juga sudah di kelola oleh warga sekitar kalipagu. Bagi yang jauh dari Purwokerto disediakan juga homestay untuk menginap. harganya tidak terlalu mahal dan saya kira masih terjangkau bagi para traveler.