Friday 28 August 2015

PURBASARI PANCURAN MAS


PURBASARI PANCURAN MAS
Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas adalah salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Kabupaten Purbalingga dan dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga dan para pelajar. Pendirinya bernama H. Sarimun Budi Purwanto, mulanya beliau hanya ingin mengembangkan pusat pengembangan untuk semua jenis ikan air tawar. Konon, ada sekitar 30 jenis ikan air tawar dan 150 ekor ikan yang dikoleksi. Mulai dari ukuran ikan mini, hingga ukuran ikan jumbo tersedia di tempat ini.

Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas berada di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Jaraknya sekitar 5 km ke arah barat laut dari kota Purbalingga. Anda juga dapat mengunjungi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas dengan menggunakan alat transportasi umum dari terminal Purbalingga dengan waktu 15 menit saja. Tarifnya pun sangat murah, yakni Rp 2.500 per orang. Wahana yang tersedia di tempat ini tidak hanya melulu ikan air tawar yang hampir punah. Tetapi, anda juga bisa melihat secara langsung koleksi burung-burung langka dalam Bird Park, wahana Water Boom, Kolam Pemancingan dan Taman Buah.
Setelah anda sampai di pancuran mas anda akan disambut dengan patung dua ikan yang saling berhadapan. Tiket masuk ke pancuran mas adalah Rp 10.000 per orang. Dengan harga tersebut, anda bisa dengan leluasa menikmati semua wahana yang ada di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas. Hanya saja, anda masih harus merogoh kocek lagi kalau ingin menikmati bioskop tiga dimensi Rp 5.000 per orang untuk rombongan, dan Rp 7.500 per orang untuk perseorangan. Dan bila anda tertarik untuk bermain-main dalam wahana air, anda akan dikenai biaya sewa pelampung sebesar Rp 2.500 per orang.
Ketika anda masuk ke kawasan Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas, anda akan diantar untuk memasuki semacam gua akuarium layaknya Sea World yang sering anda lihat di televisi. Disini kita bisa intip ikan-ikan apa saja yang menjadi koleksi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas. Bisa dikatakan kalau semua jenis ikan yang dipamerkan di tempat wisata ini adalah ikan air tawar. Yang pertama tentu saja ikan Arapaima Gigas yang menjadi ikan raksasa. Ada juga ikan piranha yang menjadi ikan pemburu paling ganas, ikan koi yang berasal dari Jepang, ikan komet, lele belang yang berasal dari Afrika, reptil catfist, dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Akuarium yang dipamerkan disini juga dibedakan menjadi dua, Yaitu akurarium ikan dalam negeri, dan akuarium ikan dari luar negeri. Bahkan, anda juga bisa menyaksikan koleksi ikan dengan berat hingga 70 kg dan panjang ikan yang mencapai 2 meter.
Setelah puas menyaksikan secara langsung koleksi ikan di River World Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas, anda dapat berkeliling lagi untuk melihat koleksi burung di Bird Park. Ada lebih dari ratusan burung yang dipamerkan disana. Bahkan tempat ini juga mengkoleksi burung kakatua raja, burung rangkong, dan burung kakaktua jambul kuning yang dikategorikan sebagai jenis burung langka. Koleksi burung di sini cukup jinak, anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto dengan burung-burung tersebut tanpa biaya tambahan.
Setelah puas mengunjungi Bird Park, anda dapat berkeliling lagi dan mampir ke Play Ground yang dibangun khusus untuk merangsang kreativitas anak ketika berkunjung ke Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas dan juga Water Boom. Disana, anda dapat mengajak putra-putri anda untuk berenang sambil menikmati sensasi Water Boom yang mempunyai ketinggian 15 meter dengan panjang lintasan mencapai 70 meter. Wahana ini dibuat meliuk-liuk untuk memacu adrenalin para pengunjung saat meluncur ke bawah. Wahana ini juga menjadi favorit para wisatawan karena mereka dapat menikmati sensasi yang menegangkan sekaligus mendebarkan. Kolam renang yang ada di tempat wisata ini mempunyai kedalaman 30 cm hingga 2 meter. Jadi, anda harus terus mengawasi pergerakan putra-putri anda saat mereka bermain-main di kolam renang, maupun di wahana Water Boom. Kalau pun anda tidak dapat berenang tetapi ingin sekali menikmati kolam renang, anda tidak usah khawatir karena ada pelampung yang dapat anda sewa dengan tarif Rp2.500. Selain itu, ada juga petugas kolam yang selalu mengawasi tiap pengunjung yang ada di wahana tersebut sehingga diharapkan semua pengunjung dapat menikmati waktu liburan mereka di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas. Bahkan, tempat ini juga menyewakan pakaian renang kalau mungkin anda lupa tidak membawanya dari rumah.
Fasilitas yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata ini adalah kolam renang, River World atau Taman Akuarium Air Tawar, Bird Park, Wisata Air Telaga Fulus, dan Water Boom. Tempat ini juga dilengkapi dengan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat, mushola yang nyaman, tempat parkir yang luas, wahana tangkap ikan, toilet dan kamar mandi, tempat makan, kios cinderamata, tempat pertemuan atau hall, dan juga panggung hiburan. Disana juga ada satu binatang unik yang menjadi ikon tempat wisata ini. Arapaima Gigas. Ini adalah jenis ikan raksasa yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini juga diberi julukan sebagai “Ikan besar yang lembut”.