Saturday 8 August 2015

CURUG AUL

curug aul

CURUG AUL
Curug Aul adalah sebuah curug yang terletak di Dusun Pucung Rumbak Desa Tanalum Kecamatan Rembang dan berada sekitar 35 km dari pusat Kota Purbalingga. Dari Purbalingga  untuk bisa menuju ke lokasi Curug Aul ini bisa di akses mengunakan kendaraan pribadi roda dua ataupun roda empat. Tempat juga dapat diakses menggunakan kendaraan umum dari terminal bus purbalingga dengan naik bus kecil jurusan rembang dan turun di terminal losari. Dapat juga naik bus kecil atau juga bus ¾ jurusan Pemalang kemudian turun di terminal Bobotsari dilanjutkan naik angkot menuju ke terminal Losari dengan angkot berwarna biru yang bertuliskan AKBAR (angkutan bobotsari-rembang). Dari sini bisa di lanjutkan dengan naik ojek sekitar 15 menit. Jika anda sudah sampai di lokasi parkir tinggal dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit, tergantung kemampuan dan kondisi masing-masing orang karena medan jalannya yang lumayan menanjak.
pemandangan saat perjalanan ke curug aul

Perjalanan menuju curug aul di awali melewati perkampungan warga dusun pucung rumbak, melewat kebun dan sawah milik warga, dan dilanjutkan dengan berjalan di jalan setapak di hutan pinus milik perhutani. Selama perjalanan, kita akan dimanjakan dengan udara yang segar dengan khas aroma pohon pinus dan pepohonan yang hijau sekaligus keindahan alam yang luar biasa. Pemandangan yang disajikan adalah pemandangan luas Purbalingga dari ketinggian.
curug aul tingkatan pertama

curug aul tingkatan kedua

Curug Aul terdiri dua tingkatan, tingkat pertama setinggi 10 meter, sedangkan tingkat kedua setinggi 65 meter. Sayangnya foto ini diambil pada saat airnya kecil karena musim kemarau, padahal kalau airnya lebih besar lagi pemandangannya lebih indah lagi. Tempat ini cocok juga untuk yang senang berolahraga canyoning. Selain memberikan keindahan air terjun, di sekitar curug aul juga tersedia camping ground.
Sebagai informasi, nama curug Aul berasal dari mitos adanya manusia berkepala anjing yang suka memakan ternak warga yang kerap menghilang dibalik curug. Maka sejak saat itulah masyarakat menyebutnya Curug Aul.
Dengan keindahan alam yang bisa menghilangkan penat, pengembangan Curug Aul sebagai tempat wisata masih terkendala infastruktur dan pengelolaan disini masih sangat kurang. Warga sendiri sudah berharap adanya perbaikan infstruktur, Sehingga nantinya bisa menjadi tempat tujuan wisata yang dapat meningkatkan ekonomi warga setempat.
Curug aul ini sangat cocok sebagai destinasi wisata bagi orang yang setiap hari dihadapkan oleh hiruk pikuk dan kesemrawutan perkotaan, serta bagi orang yang melakukan rutinitas monoton yang sangat membosankan, dikarenakan tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dan dapat merasakan kealamian alam, seperti udara sejuk, air yang segar dan pemandangan yang indah. Anda juga dapat melepaskan sejenak rutinitas yang dilakukan sehari-hari.